Kamis, 18 April 2013

Budidaya Murai, Tips Perawatan Burung Murai

Burung murai batu yang di Indonesia ada beberapa jenis dan berikut adalah jenis-jenis yang disukai oleh masyarakat kita…
- Burung Murai Batu Medan
- Burung Murai Batu Jambi
- Burung Murai Batu Aceh
- Burung Murai Batu Lahat
- Burung Murai Batu Lampung
Sekarang mari kita lihat seperti apa sih karakter burung murai batu ini?
- Mudah jinak, burung murai batu setelah diteliti ternyata adalah salah satu hewan yang paling mudah jinak dan akrab dengan pemiliknya. Hal ini tentu saja akan membuat anda semakin mudah untuk memeliharanya
- Murai batu sering cemburu dan merasa tersaingi, burung murai batu sering kali merasa cemburu dan juga merasa tersaingi apabila mendengar suara burung murai batu lainnya. Nah disini mereka biasanya bertempur atau adu kemampuan siapa yang memiliki suara yang paling lantang dan merdu haha.
- Tingkat nafsu birahi yang tinggi, burung murai batu jantan ternyata memiliki tingkat birahi yang tinggi apabila melihat burung murai batu betina. Tidak sulit untuk mengawinkan burung murai batu ini, tapi ingat, pemiliknya jangan ikutan kawin juga ya haha.
Bagaimana cara memilih burung murai yang baik?
Saya rasa anda akan menanyakan tentang hal ini, baik, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih burung murai batu yang baik.
- Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
- Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Murai Batu jantan dapat dilihat warna bulu hitam yang tegas mengkilap dan kontras serta memiliki ekor yang lebih panjang daripada burung Murai Batu betina.
- Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
- Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
- Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
- Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
- Panjang ekor yang serasi dengan postur badan. Pilihlah bentuk ekor yang sedikit lentur.
- Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat
- Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar